Rabu, 10 Februari 2010

Penggunaan dan makna kata 'up'

Seorang teman bertanya tentang kata 'up' yang banyak terdapat pada frase-frase bahasa Inggris. Dan saya berbagi pengertian saya pribadi tentang kata tersebut. Maka inilah respon saya di sebuah milis belajar bahasa Inggris.

Kata 'up' sendiri mempunyai arti 'atas', sesuatu yang bermakna bagian atas, mengarah ke atas, utama, besar atau prioritas.

Ketika dia digabung dengan kata kerja maka dia membentuk frase atau idiom yang memunculkan arti baru. Kala dlm bahasa Indonesia masuk kategori kata majemuk, yang arti barunya bisa jadi agak berbeda dengan kata dasarnya semisal biang keladi, ringan tangan, tangan dingin, anak bawang, dsb.

Dalam memahami phrase atau idiom ini tentu kita tidak bisa lagi mengartikan 'up' sebagai atas tetapi harus melihat pada makna yang dikandung dalam kata 'up' itu. Paling tidak metode ini yang saya gunakan untuk mengetahui arti yang paling dekat dari suatu idiom apabila saya jauh dari dictionary dan hanya tahu arti kata kerja utamanya. Tentunya untuk mengetahui arti yang lebih tepat, kemudian saya harus saya cross-check dengan kamus yang ada dgn melihat pada bagian kata yang menyertai kata 'up'.

Hal yang sama juga berlaku untuk idiom yang menggunakan kombinasi preposisi lain spt kata:
- 'over' menjadi: fly over, game over, hang over, get over dsb.
- 'in' menjadi: turn in, give in, break in dsb.

Ada buku lama yang cukup bagus n saya yakin banyak tersedia di perpustakaan universitas (mestinya juga dijual di pasaran, though I'm not sure) yaitu English Idiomatic terbitan Longman. Di bagian terakhir menerangkan berbagai arti dari idiom2 yang ditanyakan itu. Barangkali anda bisa search di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar