Sabtu, 25 Juli 2009

Rumah di sisi-Nya

Ada pertanyaan dari seorang teman
'Kenapa tidak ada yang melestarikan rumah-rumah tempat para wali Alloh itu bertempat tinggal? Kenapa yang ada hanya makam mereka saja?'


Pertanyaan itu kemudian menimbulkan diskusi singkat sepanjang perjalanan ke hotel.

Tidak dikenalilah rumah2 para wali tersebut adalah karena rumah sejati mereka adalah disisi Alloh Yang Maha Esa.... Dan bahwa keberadaan mereka semasa hidup mereka di dunia adalah membawa rahmat bagi sekelilingnya, yang itu tidak berhenti di satu tempat tertentu saja. Sebagaimana Islam diturunkan untuk menjadi Rahmat bagi Seluruh Alam.

Kita perhatikan, tempat mereka dimakamkan menjadi rumah tinggal mereka terakhir di dunia ini. Sementara berkah dan karomah mereka tetap dapat dinikmati dan dirasakan oleh orang-orang sesudah mereka.

Maka kalau memang harus membangun rumah hakiki yang akan menjadi rumah abadi bagi kita di dunia hingga di akherat kelak... maka pilihan bahan penyusun harus dipertimbangkan dengan baik agar sesuai dengan kualitas rumah yang kita inginkan.

Kalau engkau harus membangun sendiri rumah itu, maka bangunlah rumahmu diatas pondasi keimanan dan keyakinan kepada Alloh agar tak runtuh ia diguncang segala ujian dan cobaan di dunia maupun di akherat.

Kalau engkau harus meninggikan naungan rumahmu, maka tinggikanlah diatas tiang sholat yang akan menjadikan rumahmu kokoh dan bermartabat.

Kalau engkau ingin memperindah pagar, maka perindahlah dengan pagar kehati-hatian (wira’i) yang akan menghalangi masuknya sesuatu yang haram dan syubhat.

Kalau engkau ingin memperindah daun pintu dan jendela, maka perindahlah dengan puasa, zakat dan shadaqoh agar sirkulasi hawa kehidupan menjadi sejuk, bersih dan suci.

Kalau engkau ingin menempatkan taman di rumah untukmu menenangkan diri, maka bangunlah taman akhlakul karimah yang akan memberimu bunga-bunga kehidupan yang mendamaikan hati dan menentramkan akal pikiran.

Kalau engkau ingin menerangi rumahmu dengan cahaya, maka terangilah dengan Cahaya Ilahiah yang memancar dari relung basyirah agar abadi menerangimu sekalipun di gulitanya alam kubur.

Dan kalau sedang memilih tempat untuk membangun rumahmu yang paling sempurna, maka letak yang paling strategis adalah di muqorrobin resort, tempat yang didekatkan di sisi Alloh yang Maha Mulia bersama para Nabi, Shiddiqiin, Syuhada dan Sholihin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar